Pengalaman membeli domain
Domain

Pada postingan kali ini, aku mau berbagi cerita seputar dunia blogger, yaitu tentang pengalaman pertamaku membeli domain untuk blog yang aku miliki di Rumah Web.


Pengalaman Awalku Masuk Dunia Blogging

Sebelumnya aku kasih tahu bahwa sampai tahap membeli domain yang pertama kali ini, aku sudah berkecipung di dunia blogger kurang lebih selama 9 bulan, karena pertama kali aku memulai membuat blog adalah di bulan Juni 2017 dan aku mulai membeli domain di bulan Maret 2018. Yahh,, bukan waktu yang singkat dan juga bukan pula waktu yang lama.

Jadi selama selama sembilan bulan itu, aku telah memiliki tiga buah blog. Namun, yang aku fokuskan cuma satu blog yang bertemakan pendidikan. Blog pendidikan yang aku kelola traffiknya per hari telah mencapai 15.000-an pengunjung per hari dan postinganku sudah mencapai 90 artikel. Namun sayangnya, belum bisa aku daftarin ke Google Adsense karena harus beli domain dulu karena akun Adsense yang aku punya masih akun Hosted youtube.
Sedangkan blog Masyawi ini sendiri pada bulan Maret 2018 ini, merupakan blog keduaku yang jarang ku sentuh sehingga traffiknya hanya mencapai 10 orang per hari. Dan satu lagi blogku yang bertemakan pendidikan keagamaan masih berumur satu bulan, dan traffiknya jangan ditanyalah.
Selama 9 bulan aku mengelola blog tanpa mendapatkan uang sepeserpun, membuat aku ingin sekali membeli domain untuk blogku dan ingin segera kudaftarkan ke Adsense.

Pengalaman Menemukan Tutorial Beli Domain yang Kucari

Akhirnya, aku coba cari-cari informasi di Internet tentang cara membeli domain. Dan setelah aku cari-cari kesana-sini, aku temukan sebuah blog yang memberikan tutorial cara membeli doamain yang menurutku sangat bagus dan mudah dipahami. Blog itu adalah milik seorang master web yang sudah sangat tersohor di negeri ini. Blognya bernama Sugeng.id.
Dari tutorial mastah yang biasa dipanggil Mas Sugeng tersebut, dia menampilkan tutorial membeli domain dari salah satu penyedia domain lokal yang bernama Rumah Web. Tetapi, aku mencoba mencari situs penyedia domain lain yang mungkin lebih bagus dari Rumah Web. Setelah aku cari dari beberapa sumber baik dari forum, survey, dan beberapa artikel, mengatakan bahwa Rumah Web respondnya lambat. Selain itu, aku juga memasuki satu persatu situs penyedia web yang direkomendasikan orang banyak seperti Dewa Web, Id Webhost, NamCheap, Niaga Hoster, dll. Namun setelah aku baca dari jawaban comment Mas Sugeng ditutorialnya mengatakan bahwa untuk membeli domain lebih bagus di Rumah Web sedangkan hosting kurang direkomendasikan katanya.

Pengalaman Menjatuhkan Pilihanku ke Rumah Web

Akhirnya pilihanku jatuh jug ke Rumah Web. Setelah itu, aku mencoba-coba nama domain dan harga yang cocok dengan blogku. Awalnya, aku ingin membeli domain buat blog pendidikanku dengan ekstensi .com. Namun, karena harganya mencapai 114 ribu, sedangkan uang di atm ku hanya tersisa 100 ribu, maklumlah kantong anak sekolahan.
Setelah beberapa pertimbangan, akhirnya aku membeli domain yang berekstensi .Top dengan harga diskon Rp 25.000. Karena aku sedikit was-was dan takut kalau terjadi kesalahan dalam proses pembelian, akhirnya kuputuskan untuk menggunakan blogku yang baru berumur 1 bulan untuk kujadikan kelinci percobaan.

Pengalaman Membeli Domain di Rumah Web

Setelah itu, aku sign up ke Rumah Web dan mengikuti langkah-langkah sesuai tutorial yang diberikan oleh Mas Sugeng. Ada beberapa kendala yang aku hadapi, yang pertama adalah dalam melakukan pembayaran domain. Sebelum aku melakukan chek out domain yang akan aku beli aku disuruh untuk memilih metode pembayaran. Di sini aku bingung metode pembayarannya yang mana dan cara membayarnya seperti apa. Namun setelah aku pelajari lebih lanjut dan aku otak-atik, aku memilih metode pembayaran lewat transfer bank. Aku memilih untuk mentransfer ke rekening BNI Rumah Web, sedangkan rekeningku sendiri adalah BRI.
Setelah aku chek out, aku mendapatkan email dari pihak Rumah Web yang berisi Invoice untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Lalu aku segera pergi ke bank untuk mentransfer pembayaran yang diminta tersebut. Setelah transfer selesai, segera aku melakukan konfirmasi pembayaran yang terdapat di email tadi. Setelah aku konfirmasi, berselang satu jam kemudian aku mendapatkan email kembali yang berisi notifikasi bahwa konfirmasi pembayaran yang aku lakukan gagal, dan disuruh untuk melampirkan foto bukti transfer tadi. Untungnya belum aku buang, lalu aku foto dan kukirim kembali ke pihak Rumah Web.
Keosokan harinya, kubuka emailku dan kudapati email pemberitahuan dari Rumah Web bahwa konfirmasi pembayaran telah berhasil. Dengan perasaan yang gembira, ku lanjutkan kembali apa yang ada di tutorial Mas Sugeng, yaitu mengganti domain Domainku.blogspot.com menjadi Domainku.Top.

Pengalaman Memasang Domain yang Baru Aku Beli

Nahh,, dalam tahap ini aku menglami kendala yang kedua yaitu Domainku.blogspot.com tidak dapat disimpan menjadi Domainku.Top. Setelah aku telusuri lebih lanjut di tutorial Mas Sugeng, ternyata terdapat satu langkah yang bagi seseorang yang pertama kali membeli domain merasa kebingungan. Setelah aku baca komentar di tutorial Mas Sugeng tersebut, ada salah seorang yang mengatakan bahwa ada satu langkah yang Mas Sugeng lewatkan, dan dia menunjukkan satu langkah yang menjadi kendalaku juga. Setelah aku ulang dalam pengaturan penggantian domain tersebut, alhasil domainku.blogspot.com sudah berubah menjadi domainku.Top.
Pengalaman yang cukup melelahkan, namun telah menempatkanku satu langkah lebih maju dalam menjadi seorang blogger.
Yang namanya kegagalan dan kendala pasti akan ada pada setiap langkah manusia, apalagi dalam langkah seorang blogger untuk menjadi sedikit lebih maju.
Oleh karena itu, tujuanku membagi pengalaman pertamakali membeli domain ini adalah semata-mata aku bagikan kepada teman-teman blogger pemula, apa saja kendala dan masalah yang aku alami dalam membeli domain yang dapat kalian hindari saat atau sebelum kalian mencobanya.
Sekian pengalaman pertamakaliku membeli domain yang dapat aku berikan.
Semoga pengalaman pertama mebeli domain ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba membeli domain atau untuk menambah pengetahuan kalian saja.
Terimakasih
Kata Kunci :
·  Pengalaman membeli domain
·  Pengalaman pertama kali membeli domain
·  Pengalaman pertamakaliku membeli domain
·  Cara membeli domain
·  Cara membeli domain TLD
·  Tutorial membeli domain TLD
·  Cara merubah domain blogspot.com menjadi domain TLD
·  Kendala membeli domain
·  Tempat membeli domain terbaik
·  Kendala membeli domain di Rumah Web
·  Kekurangan dan kelebihan Rumah Web
·  Mendaftar google adsense
·  Cara transfer ke Rumah Web
·  Cara melakukan pembayaran di Rumah Web

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here