Jika mau bicara tentang tempat wisata terbaik di Kota Semarang, kita terlebih harus mengenal terlebih dahulu tentang kota Atlas ini. Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Dalam urusan pariwisata, Kota Semarang sudah tidak perlu diragukan lagi kemajuannya, karena didukung dengan wilayah geografis yang sangat potensial dan nilai historis yang sangat kental.

Namun kali ini, masyawi hanya akan memilih 10 tempat wisata terbaik dari ratusan destinasi wisata yang ada di Kota Semarang.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten Rembang

1. Rawa Pening

Siapa yang tak kenal dengan destinasi wisata yang satu ini. Tempat wisata yang sering ditampilkan di televisi ini dikenal karena keindahan alamnya dan juga cerita legendanya yang begitu kental.

Gambar Rawa Pening

Rawa Pening merupakan danau alam yang terletak di Kabupaten Semarang dengan luas sekitar 2670 hektar yang membentang di wilayah kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru.

Rawa Pening sangat digemari masyarakat sebagai spot memancing, olahraga air, dan juga untuk berwisata tentunya.

Untuk menikmati keindahan Rawa Pening, kamu bisa berkunjung ke Kampoeng Wisata Rawa yang terletak di Jalan Lingkar Selatan Kilometer 03. Jika ditempuh dari pusat kota Semarang, jarak Kampung Rawa sekitar 34 km dan memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Kampung Rawa menyediakan beberapa fasilitas unik seperti restoran mengapung, pendopo, pusat kerajinan, dan tempat memancing. Selain itu, di sekitar Rawa Pening kamu akan disuguhi pemandangan persawahan dan pemandangan Gunung Merbabu serta Gunung Telomoyo yang akan membuat pikaran kamu langsung fresh seketika.

 

2. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran.

Gambar Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo memiliki kemiripan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan air laut sehingga suhu udara disini cukup dingin, yaitu berkisar antara 19-27 °C.

Candi Gedong Songo ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9.

Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi, dan lokasinya tersebar di lereng Gunung Ungaran, dengan sajian pemandangan alam yang sangat-sangat indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan  area perkemahan, wisata berkuda, dan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten Kudus

3. Klenteng Sam Poo Kong

Tak perlu jauh-jauh ke negeri Cina untuk dapat melihat klenteng indah nan megah karena di Kota Semarang terdapat Klenteng Sam Poo Kong yang tak kalah megahnya. Lebih uniknya lagi, Klenteng Sam Poo Kong ini berada satu komplek dengan masjid.

Gambar Klenteng Sam Poo Kong

Sam Poo Kong bisa menjadi tempat wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Semarang. Bukan hanya tempat peribadatan, Sam Poo Kong juga menyimpan sejuta cerita sejarah yang mampu menambah wawasan kita. Di sini kamu akan melihat nilai-nilai toleransi yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Semarang.

Dengan luas sekitar 1000 meter persegi, Klenteng Sam Poo Kong menjadi destinasi favorit tak hanya bagi wisatawan lokal, namun juga bagi wisatawan mancanegara.

 

4. Brown Canyon

Brown Canyon sebenarnya bukanlah sebuah tempat wisata melainkan perbukitan biasa, namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun ahirnya berubahlah wujud sebuah tambang menjadi seperti Green Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Gambar Brown Canyon

Keindahan panorama alam yang eksotik membuat Brown Canyon Semarang ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat terbaik bagi para pecinta fotografi serta para generasi milenial yang ingin berburu foto.

Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini menjadi wisata alam yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten Pati

5. Kota Lama

Jika kamu ingin merasakan susana perkotaan di masalalu, Kota Lama di Semarang adalah tempat yang tepat. Tak kalah dengan Kota Tua yang ada di Jakarta, Kota Lama di Semarang juga menyugihi pemandangan bangunan ala tempo dulu.

Gambar Kota Lama

Kawasan ini dulunya merupakan pusat perdagangan dan pemerintahan Kota Atlas di abad 19 – 20. Di dalamnya, terdapat sekitar 50 bangunan kuno yang mengusung gaya arsitektur Eropa tahun 1700-an.

Tak hanya bisa melihat-lihat dan mengagumi keindahannya, kamu juga bisa berburu foto di sini. Tak jarang ada anak-anak muda yang membuat foto pre wedding, album kelulusan, hingga sekedar selfie ria di sini.

Selain itu, ada juga beberapa spot yang sudah mendapatkan sentuhan modern dan dikembangkan menjadi objek wisata yang lebih kekinian.

Di Komplek wisata Kota Lama ini, kamu dapat menyambangi beberapa icon wisatanya sperti Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Pasar Klitikan, Semarang Contemporary Art Gallery, dan juga Old City 3D Art Museum Semarang.

6. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah termasuk salah satu Masjid termegah di Indonesia.  Masjid Agung Jawa Tengah dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006.

Masjid Agung Jawa Tengah

Karena saking besarnya, masjid ini memiliki daya tampung sekitar 15.000 jemaah. Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat wisata religi.

Arsitektur masjid ini mengadopsi budaya setempat dengan paduan budaya arab modern. Hal ini terlihat jelas dengan berdirinya payung hidrolik raksasa yang mirip dengan masjid Nabawi di Madinah.

Jika mengunjungi masjid ini, kamu akan dibuat heran dengan menara-menara menjulang yang diberi nama Menara Asmaul Husna. Sesuai dengan namanya, menara ini memiliki tinggi 99 meter.

Di puncak Menara Asmaul Husna kita dapat melihat megahnya Masjid Agung Jawa Tengah dari ketinggian, selain itu kita juga bisa melihat pemandangan Kota Semarang dan pesisir lautnya dengan menggunakan teropong.

7. Cimory

Kamu sering berlibur ke Ambarawa dan Ungaran? Tentunya kamu akan melewati kecamatan Bawen. Di Kecamatan Bawen ini ternyata ada satu tempat wisata yang cukup populer dan menarik untuk kita kunjungi.

Gambar Cimory Semarang

Cimory Semarang ini memiliki nama Cimory On The Valley, dan sebenarnya merupakan restoran yang dilengkapi dengan wisata edukasi.

Cimory merupakan sebuah tempat wisata berkonsep edukasi dan rekreasi yang sangat cocok sebagai wisata keluarga, khususnya untuk menambah pengetahuan bagi anak-anak. Dan susana di sini sangatlah sejuk karena terletak diperbukitan ditambah lagi hijaunya pepohonan yang sangat asri dijamin dapat mengusir stress akibat pekerjaan sehari-hari.

Tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas, dintaranya adalah kebun binatang mini, peternakan, restoran, toko souvenir, playground, toko khusus coklat, dan masih banyak lagi.

8. Water Blaster

Sesuai dengan namanya Water Blaster Semarang mengusung konsep waterpark dengan beragam kegiatan yang berhubungan dengan permainan air. Wahana-wahana dengan jumlah lebih dari 20 wahana air di Water Blaster ini sangat cocok untuk wisata liburan keluarga.

Water Blaster Semarang

Diantara beberapa wahana populer di Water Blaster Semarang, diantaranya adalah Slider, Slide Race, Family Slide, Flying Fox, Blaster Warior, Junggle Tree dan sungai buatan sepanjang 250 meter,

Untuk biaya masuknya sendiri cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 60.000 di hari biasa, dan Rp 80.000 di weekend atau hari libur.

9. Lawang Sewu

Gedung peninggalan pemerintah kolonial Belanda di Semarang ini sangat identik dengan cerita mistisnya. Namun disisi lain, bangunan dengan seribu pintu ini menjadi tempat wisata unggulan di Kota Semarang karena nilai historisnya yang begitu kental.

Lawang Sewu Semarang

Gedung lawang sewu sendiri dulunya merupakan pusat kereta api terbesar di Indonesia. Sebenarnya bangunan ini tidaklah memiliki seribu pintu, melainkan hanya 342 pintu.

Menyaksikan kemegahan arsitektur klasik ini memiliki sensasi tersendiri, apalagi ketika malam hari. Meski malam, pengunjung yang datang tidaklah sedikit. Trotoar jalan tetap dipenuhi pengunjung yang duduk santai atau sekedar berfoto. Memasuki dalam gedung, sinar lampu tersorot diantara gelapnya malam.

10. Simpang Lima Semarang

Ke Kota Semarang nampaknya tidaklah lengkap jika belum mengunjungi Alun-Alun Kota Semarang atau yang sering dikenal dengan Simpang Lima. Simpang Lima dapat menjadi alternatif wisata bagi yang ingin berwisata tanpa harus keluar banyak uang.

Simpang Lima Semarang

Di Simpang Lima ini kamu dapat menyewa sepatu roda, inline skate, atau otoped dan juga menaiki sepeda atau becak hias yang kemerlap di malam hari.

Jika ingin menghabiskan uang atau sekedar cuci mata, kamu juga dapat ke mall di dekat Simpang Lima ini. Selain itu kamu di Simpang Lima kamu juga dapat menikmati berbagai macam kuliner tradisional seperti tahu gimbal, wedang tahu, soto bokoran, dan lumpia; sampai khas daerah lain seperti coto Makassar, dan soto Lamongan.

Itulah 10 Tempat wisata terbaik yang ada di Kota Atlas Semarang.

Kalau lewat ke Semarang jangan sampai lupa mampir ke salah satu tempat wisatanya ya.

Selamat Berwisata !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here